Senin, 21 Mei 2012

Semua bisa jadi pengusaha


Bicara tentang pengusaha, apa yang terlintas dalam pikiran kita??
Kaya.. Keren.. Berwibawa.. Mandiri..
dan berbagai hal yang ‘waw-lah!!’
heMm” sedikit mengulas tentang catatan kecil saya setelah menyimak ceramah Ust. Yusuf Mansur dalam Wisata Hati.. Ulasan tentang Semua Bisa Jadi Pengusaha ini terdiri dari beberapa BAB, dan untuk lembaran note yang saat ini sobatfillah baca adalah mengenai “Luruskan Niat!”.Insya ALLAH dikesempatan berikutnya, saya akan membahas bab-bab selanjutnya yang berkaitan tentang menjadi seorang pengusaha.
Niat itu adalah hal yang URGEN!! karena segala sesuatu itu dinilai dari niat kita. Ada pekerjaan besar tapi karena niatnya ‘salah’ akhirnya pekerjaan itu menjadi biasa-biasa saja, dan ada juga pekerjaannya kecil tapi karena niatnya ‘benar’ maka pekerjaan itu menjadi luar biasa.Seperti itu juga ketika kita ingin menjadi seorang pengusaha ataupun menjadi seorang pekerja. Ingatlah bahwa tidak ada kedudukan yang lebih baik antara pekerja dan pengusaha kecuali mereka yang bertaqwa. Seorang cuci piring, apakah ia lebih baik ketimbang owner-nya? ataukah lebih rendah? Jawabannya tidak sama sekali!! Tidak ada seorang pengusaha yang bisa menginjak karyawannya dan tidak ada karyawan yang menghina dirinya sendiri.
Sedikit mengingatkan.. Jangan sampai karena kita pengen banget jadi pengusaha lantas kita memutuskan untuk berhenti bekerja dengan dalih, “saya punya sedikit usaha dan juga tabungan”.. hati-hati terhadap kedua hal tersebut jangan sampai kita menjadi buta ataupun terlena karenanya, jangan sampai ia-nya menjadi Tuhan kita (na’udzubillahi mindzaalik)..
Back to topic!! “Untuk menjadi seorang Pengusaha maka check Niat kita.. dan Luruskanlah!!”
Apa visi dan misi kita ingin menjadi pengusaha?
Apa tujuan kita menjadi pengusaha?
Mengapa kita ingin menjadi pengusaha?
Jika jawabannya, “karena pengen beli mobil..” maka seorang pekerja juga bisa beli mobil..
atau “karena pengen kaya.. kan pengusaha identik dengan kekayaan” :) hehe.. kalau niatnya itu saja, semua juga bisa..
Jika hanya ingin punya mobil, rumah mewah, setelah itu masuk Rumah Sakit ^_^v lihat berapa banyak pengusaha yang diambil mobilnya, rumah mewahnya bahkan kini ada yang masuk penjara atau sedang terbaring di rumah sakit.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda Khairunnas anfa’uhum linnas ” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari)

Jika ia seorang hartawan, hartanya tidak dinikmati sendiri tapi dinikmati pula oleh tetangga, sanak famili dan juga didermakan untuk kepentingan masyarakat dan agama. Inilah ciri-ciri orang yang memiliki akhlaq yang baik. Jika ia berilmu, ilmunya dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Jika berpangkat maka dijadikannya tempat bernaung bagi orang-orang sekitarnya dan jika tanda tangannya berharga maka digunakan untuk kepentingan masyarakat dan agama, tidak hanya mementingkan diri dan golongannya sendiri. Demikian halnya jika kita menjadi seorang pengusaha, jadilah pengusaha yang membawa banyak faedah bermanfaat bagi masyrakat dan juga agama, tidak hanya bagi dirinya sendiri dan keluarga.
Menjadi pengusaha ataupun pekerja adalah sama, kecuali mereka yang bertaqwa!
jika ingin menjadi pengusaha, jadilah pengusaha yang tidak sedikitpun hartanya adalah harta yang haram..
jika ingin menjadi pengusaha, maka jadikanlah usaha tersebut sebagai wasilah atau sarana untuk menuju kepada ALLAH Subhanahu wa Ta’ala karena sungguh DIA adalah sebaik-baik niat dan tujuan kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar